STANDAR PELAYANAN KAPANEWON PUNDONG

 

 

PEMERINTAH KABUPATEN BANTUL

KECAMATAN PUNDONG

Alamat: Piring, Srihardono, Pundong, Bantul, 55771 Telepon (0274) 6464165

Faksimil: (0274)-6464123

Posel : kec.pundong@bantulkab.go.id,

 

KEPUTUSAN CAMAT PUNDONG NOMOR: 32 TAHUN 2020

TENTANG

STANDAR PELAYANAN DI KECAMATAN PUNDONG

                                                                                                           

CAMAT PUNDONG

 

Menimbang

:

a.

bahwa dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik sesuai dengan azas penyelenggaraan pemerintahan yang baik, dan guna mewujudkan kepastian hak dan kewajiban berbagai pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan, setiap penyelenggara pelayanan publik berkewajiban menetapkan Standar Pelayanan; dan

 

 

b.

bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a perlu menetapkan Keputusan Camat tentang  Standar Pelayanan pada Kecamatan Pundong;

 

 

 

 

Mengingat

:

  1. Peraturan Bupati Bantul Nomor 130 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Kecamatan Se-Kabupaten Bantul
  2. Peraturan Bupati Bantul No 23 Tahun 2016 tentang  Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP)  Penyelenggaraan Pemerintahan  di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul
  3. Peraturan Bupati Bantul No 87 Tahun 2016 tentang Standar Operasional Prosedur Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan
  4. Peraturan Bupati Nomor : 41 Tahun 2011 tentang Perubahan atas Perbub 11 tahun 2011 tentang Pelimpahan sebagian Kewenangan Bupati kepada Camat

MEMUTUSKAN :

 

 

 

 

Menetapkan

:

 

 

KESATU

:

Standar Pelayanan pada Kecamatan Pundong sebagaimana tercantum pada Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan ini.

 

KEDUA

:

Ruang lingkup Standar Pelayanan sebagaimana dimaksud dalam diktum KESATU meliputi:

 

a. Rekomendasi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian);

b. Rekomendasi STKM (Surat Keterangan Tidak Mampu);

c. Rekomendasi Proposal

d. Surat Dispensasi Nikah

e. Rekomendasi Surat Keterangan Ahli Waris

f. Rekomendasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

g. Rekomendasi Izin Keramaian

h.Pindah/Pindah Datang

 

KETIGA

:

Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

 

 

Ditetapkan di Pundong

                                                                             pada tanggal  2 November 2020                   

 

                CAMAT

 

 

                                                                             NANANG DWI ATMOKO, S.Sos.

Pembina TK I, IV/b

NIP 196905231997031001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN KEPUTUSAN CAMAT PUNDONG

NOMOR    32  TAHUN 2020

HAL : PENETAPAN STANDAR  PELAYANAN (SP)

DI  KECAMATAN  PUNDONG

 

  1. PENDAHULUAN

 

Berdasarkan Peraturan Bupati No : 130 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Kecamatan se-Kabupaten Bantul, Kecamatan merupakan Perangkat Daerah unsur penunjang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Kecamatan mempunyai tugas membantu Bupati dalam mengkoordinasikan penyelenggaraan pemerintahan umum, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat desa.

 

  1. STANDAR PELAYANAN

 

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan lingkungan pelayanan di Kecamatan Pundong  meliputi :

 

1. Rekomendasi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).

Komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

 

No

Komponen

Uraian

1.

Persyaratan

  • Blanko surat keterangan permohonan SKCK yang sudah disahkan desa
  • Fotokopi KTP Elektronik
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi akte kelahiran

2.

Sistem, mekanisme dan

prosedur

  • Pemohon datang dan menyerahkan berkas di ruang pelayanan lalu mengisi buku tamu
  • Petugas menerima berkas, memverifikasi dan meregister
  • Petugas memintakan tanda tangan kepada Kasi Pelayanan atau pejabat struktural lainnya.
  • Petugas menyerahkan berkas yang sudah diproses kepada pemohon

3.

Jangka waktu pelayanan

  • 5 (lima) menit

4.

Biaya/tarif

  • Tidak dipungut  biaya  ( gratis )

5.

Produk pelayanan

  • Rekomendasi SKCK

6.

Pelayanan pengaduan saran

dan masukan

  • Kotak saran dan pengaduan
  • Telepon :  (0274) 6464123
  • Email     :  kec.pundong@bantulkab.go.id
  • WA Center Kecamatan Pundong (0822207403320)
  • FB : Kecamatan Pundong

7.

Jam pelayanan

Senin s.d. Jumat : pukul  08.00 –15.00 WIB

 

 

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan lingkungan pelayanan di Kecamatan Pundong :

 

No

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  • Peraturan Bupati Bantul Nomor : 130 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Kecamatan se-Kabupaten Bantul.
  • Peraturan Bupati Nomor : 41 Tahun 2011 tentang Perubahan atas Perbub 11 tahun 2011 tentang Pelimpahan sebagian Kewenangan Bupati kepada Camat

2.

Sarana dan prasarana dan/ atau fasilitas

- Sarana dan prasarana :

  • Buku register dan buku pengambilan
  • Alat tulis
  • Komputer dan printer
  • Blanko surat permohonan
  • Meja kursi
  • Leaflet dan banner
  • Alat tulis kantor
  • Fasillitas pendukung;
  • Ruang tunggu dilengkapi dengan :
  • AC
  • Televisi;
  • Dispenser;
  • Surat kabar;
  • Permen;
  • Komputer khusus untuk pemohon;
  • Meja khusus untuk pemohon.
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Sub domain Kecamatan Pundong

3.

Kompetensi pelaksana

1. Kepala Seksi Pelayanan/pejabat

    struktural lainnya.

  • S2 Manajemen S2,  Ilmu Hukum S2,  AN S2,  S1 Komunikasi, S1 Hukum, S1 Sospol, S1   Ekonomi.

3. Penatalaksana  Pelayanan

      S M A/S M K   

4. Pengadministrasi Umum

    S M A/SM K  

4.

Pengawasan Internal

Camat

5.

Jumlah pelaksana

Minimal 2 (dua) orang

6.

Jaminan pelayanan

  1. Kerahasiaan dan keamanan berkas terjamin
  2. Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme

7.

Evaluasi kinerja pelayanan

  1. Evaluasi dilaksanakan enam bulan  sekali jika tidak ada pengaduan

2. Pengukuran       Standar  Kepuasan masyarakat (SKM)       yang  dilaksanakan setiap 6  (enam) bulan sekali.

 

2. Rekomendasi SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu)

Komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

 

No

Komponen

Uraian

1.

Persyaratan

  • Blanko surat keterangan permohonan SKTM yang sudah disahkan desa
  • Fotokopi KTP Elektronik
  • Fotokopi KK

2.

Sistem, mekanisme dan

prosedur

  • Pemohon datang dan menyerahkan berkas di ruang pelayanan lalu mengisi buku tamu
  • Petugas menerima berkas, memverifikasi dan meregister
  • Petugas memintakan tanda tangan kepada Kasi Pelayanan atau pejabat  struktural lainnya.
  • Petugas menyerahkan berkas yang sudah diproses kepada pemohon

3.

Jangka waktu pelayanan

  • 5 (lima) menit

4.

Biaya/tarif

  • Tidak dipungut  biaya  ( gratis )

5.

Produk pelayanan

  • Rekomendasi SKTM

6.

Pelayanan pengaduan saran

dan masukan

  • Kotak saran dan pengaduan
  • Telepon :  (0274) 6464123
  • Email     :  kec.pundong@bantulkab.go.id
  • WA/SMS Center Kecamatan Pundong (0822207403320)
  • FB : Kecamatan Pundong

7.

Jam pelayanan

Senin s.d.Jumat : pukul  08.00–15.00 WIB

 

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan lingkungan pelayanan di Kecamatan Pundong :

 

No

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  • Peraturan Bupati Bantul Nomor : 130 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Kecamatan se-Kabupaten Bantul.
  • Peraturan Bupati Nomor : 41 Tahun 2011 tentang Perubahan atas Perbub 11 Tahun 2011 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Bupati kepada Camat

2.

Sarana dan prasarana dan/ atau fasilitas

-Sarana dan prasarana:

  • Buku register dan buku pengambilan
  • Alat tulis
  • Komputer dan printer
  • Blanko surat permohonan
  • Tempat parker
  • Meja kursi
  • Leaflet dan banner
  • Alat tulis kantor
  • Fasillitas pendukung;
  • Ruang tunggu dilengkapi dengan :
  • AC
  • Televisi;
  • Dispenser;
  • Surat kabar;
  • Permen;
  • Komputer khusus untuk pemohon;
  • Meja khusus untuk pemohon.
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Sub domain Kecamatan Pundong

3.

Kompetensi pelaksana

  1. . Kepala Seksi Pelayanan dan pejabat struktural lainnya
  • S2 Manajemen S2,  Ilmu Hukum S2,  AN S2,  S1 Komunikasi, S1 Hukum, S1 Sospol, S1   Ekonomi.

2. Penatalaksana  Pelayanan

      S M A/S M K   

3. Pengadministrasi Umum

      S M A/SM K    

4.

Pengawasan Internal

Camat

5.

Jumlah pelaksana

Minimal 2 (dua) orang

6.

Jaminan pelayanan

1. Kerahasiaan dan keamanan berkas terjamin

  1. Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme

7.

Evaluasi kinerja pelayanan

  1. Evaluasi dilaksanakan enam bulan  sekali jika tidak ada pengaduan

2. Pengukuran       Standar  Kepuasan masyarakat (SKM)       yang  dilaksanakan setiap 6  (enam) bulan sekali.

 

3. Surat Dispensasi Nikah

Komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

No

Komponen

Uraian

1.

Persyaratan

 

  1.  
  2.  
  3.  
  4.  

2.

Sistem, mekanisme, dan, prosedur

 

  1. Pemohon datang dan menyerahkan berkas di ruang pelayanan lalu mengisi buku tamu
  2. Petugas membuat draf Surat Dispensasi Nikah
  3. Petugas memaraf draf Surat Dispensasi Nikah lalu menyerahkan kepada Kasi Pelayanan.
  4. Kasi Pelayanan memeriksa Surat Pengantar Dispensasi Nikah dan menandatanganinya jika sudah benar.
  5. Jika Kasi Pelayanan berhalangan, Surat Pengantar Dispensasi Nikah bisa ditandatangani pejabat struktural lainnya.  
  6. Petugas menyerahkan  Surat Pengantar Dispensasi Nikah kepada pemohon.

3.

Jangka Waktu Pelayanan

15 (lima belas)  menit (jika syarat sudah lengkap)

4.

Biaya/tarif

Tidak dipungut biaya (gratis)

5.

Produk pelayanan

Surat Dispensasi Nikah

6.

Penanganan Pengaduan, saran, dan masukan

 

  • Kotak saran dan pengaduan
  • Telepon :  (0274) 6464123
  • Email     :  kec.pundong@bantulkab.go.id
  • WA/SMS Center Kecamatan Pundong (0822207403320)
  • FB : Kecamatan Pundong

7.

Jam Pelayanan

  • Senin–Jumat:  pukul 08.00 -15.00 WIB

 

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan lingkungan pelayanan di Kecamatan Pundong :

 

No

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  • Peraturan Bupati Bantul Nomor : 130 Tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi, serta tata kerja kecamatan se Kabupaten Bantul.
  • Peraturan Bupati Nomor : 41 Tahun 2011 tentang perubahan atas Perbub 11 tahun 2011 tentang pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat

2.

Sarana dan prasarana dan/ atau fasilitas

-Sarana dan prasarana:

  • Buku register dan buku pengambilan
  • Alat tulis
  • Komputer dan printer
  • Blanko surat permohonan
  • Tempat parker
  • Meja kursi
  • Leaflet dan banner
  • Alat tulis kantor
  • Fasillitas pendukung;
  • Ruang tunggu dilengkapi dengan :
  • AC
  • Televisi;
  • Dispenser;
  • Surat kabar;
  • Permen;
  • Komputer khusus untuk pemohon;
  • Meja khusus untuk pemohon.
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Subdomain Kecamatan Pundong

3.

Kompetensi pelaksana

 

  1. . Kepala Seksi Pelayanan/pejabat

struktural lainnya

  • S2 Manajemen S2,  Ilmu Hukum S2,  AN S2,  S1 Komunikasi, S1 Hukum, S1 Sospol, S1   Ekonomi.

2. Penatalaksana  Pelayanan

      S M A/S M K   

3. Pengadministrasi Umum

      S M A/SM K    

4.

Pengawasan Internal

Camat

5.

Jumlah pelaksana

Minimal 2 (dua) orang

6.

Jaminan pelayanan

1. Kerahasiaan dan keamanan berkas terjamin

  1. Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme

7.

Evaluasi kinerja pelayanan

  1. Evaluasi dilaksanakan enam bulan  sekali jika tidak ada pengaduan

2. Pengukuran       Standar  Kepuasan masyarakat (SKM)       yang  dilaksanakan setiap 6  (enam) bulan sekali.

 

 

4. Rekomendasi Proposal

Komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

 

No

Komponen

Uraian

1.

Persyaratan

  • Proposal yang sudah disahkan desa
  • KTP Elektronik pemohon

2.

Sistem, mekanisme dan

prosedur

  • Pemohon datang dan menyerahkan  berkas di ruang pelayanan lalu mengisi buku tamu
  • Petugas menerima berkas, memverifikasi, meregister dan memaraf berkas jika sudah benar. Jika berkas belum lengkap dikembalikan pemohon.
  • Petugas menyerahkan berkas kepada Kasi Pelayanan
  • Kasi Pelayanan memeriksa berkas dan  menandatangai proposal
  • Jika Kasi Pelayanan berhalangan, berkas bisa ditandatangani pejabat struktural lainnya
  • Petugas menyerahkan berkas yang sudah diproses kepada pemohon

3.

Jangka waktu pelayanan

  • 10 (sepuluh) menit

4.

Biaya/tarif

  • Tidak dipungut  biaya  ( gratis )

5.

Produk pelayanan

  • Rekomendasi proposal

6.

Pelayanan pengaduan saran

dan masukan

  • Kotak saran dan pengaduan
  • Telepon :  (0274) 6464123
  • Email     :  kec.pundong@bantulkab.go.id
  • WA/SMS Center Kecamatan Pundong (0822207403320)
  • FB : Kecamatan Pundong

7.

Jam pelayanan

Senin s.d. Jumat :  pukul 08.00 – 15.00 WIB

 

 

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan lingkungan pelayanan di Kecamatan Pundong :

 

No

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  • Peraturan Bupati Bantul Nomor : 130 Tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi, serta tata kerja kecamatan se Kabupaten Bantul.
  • Peraturan Bupati Nomor : 41 Tahun 2011 tentang perubahan atas Perbub 11 tahun 2011 tentang pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat

2.

Sarana dan prasarana dan/ atau fasilitas

-Sarana dan prasarana:

  • Buku register dan buku pengambilan
  • Alat tulis
  • Komputer dan printer
  • Blanko surat permohonan
  • Tempat parkir
  • Meja kursi
  • Leaflet dan banner
  • Alat tulis kantor
  • Fasillitas pendukung;
  • Ruang tunggu dilengkapi dengan :
  • AC
  • Televisi;
  • Dispenser;
  • Surat kabar;
  • Permen;
  • Komputer khusus untuk pemohon;
  • Meja khusus untuk pemohon.
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Sub domain Kecamatan Pundong

3.

Kompetensi pelaksana

1. Kepala Seksi Pelayanan/pejabat

    struktural lainnya.

  • S2 Manajemen S2,  Ilmu Hukum S2,  AN S2,  S1 Komunikasi, S1 Hukum, S1 Sospol, S1   Ekonomi.

3. Penatalaksana  Pelayanan

      S M A/S M K   

4. Pengadministrasi Umum

      S M A/SM K

4.

Pengawasan Internal

Camat

5.

Jumlah pelaksana

Minimal 2 (dua) orang

6.

Jaminan pelayanan

1. Kerahasiaan dan keamanan berkas terjamin

  1. Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme

7.

Evaluasi kinerja pelayanan

  1. Evaluasi dilaksanakan enam bulan  sekali jika tidak ada pengaduan

2. Pengukuran       Survey  Kepuasan masyarakat (SKM)       yang  dilaksanakan setiap 6  (enam) bulan.

 

5. Rekomendasi Surat Keterangan Ahli Waris

Komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

 

No

Komponen

Uraian

1.

Persyaratan

  • Surat permohonan Keterangan Ahli Waris;
  • Surat Pernyataan bersama ahli waris;
  • Silsilah keluarga/bagan ahli waris;
  • Fotokopi Akte Kematian ;
  • Fotokopi KTP ahli waris yang masih berlaku;
  • Surat Keterangan Nikah almarhum dari KUA;
  • Pernyataan permohonan surat keterangan ahli waris;
  • Fotokopi SPPT PBB tahun terakhir
  • Bukti-buki surat keterangan lainnya;

jika terdapat perbedaan data kependudukan ahli waris maupun data yang meninggal.

  • Kerelaan sebagian tanah waris untuk keperluan / fasilitas umum
  • Surat kuasa apabila dikuasakan kepada orang lain
  • Pernyataan selisih kelahiran jika jarak kelahiran ahli waris kurang dari 1 tahun atau lebih dari 10 tahun.

2.

Sistem, mekanisme dan

prosedur

  1. Pemohon datang dan menyerahkan berkas di ruang pelayanan lalu mengisi buku tamu
  2. Petugas pendaftaran menerima berkas lalu menyerahkan berkas kepada Seksi Pemerintahan
  3. Staf Seksi Tata Pemerintahan memverifikasi, meregister, memaraf  dan menaikan berkas ke  Kasi Tata Pemerintahan jika berkas sudah lengkap. Jika belum lengkap, berkas dikembalikan ke pemohon.
  4. Kasi Tata Pemerintahan  memeriksa berkas dan memberi paraf
  5. Camat menandatangani Surat Keterangan ahli waris
  6. Petugas menyerahkan  Surat Keterangan Ahli Waris kepada pemohon.

 

3.

Jangka waktu pelayanan

10 (sepuluu) menit,  (jika berkas sudah lengkap)

4.

Biaya/tarif

Tidak dipungut  biaya  ( gratis )

5.

Produk pelayanan

Surat Keterangan Ahli Waris.

6.

Pelayanan pengaduan saran

dan masukan

  • Kotak saran dan pengaduan
  • Telepon :  (0274) 6464123
  • Email     :  kec.pundong@bantulkab.go.id
  • WA/SMS Center Kecamatan Pundong (0822207403320)
  • FB: Kecamatan Pundong

7.

Jam pelayanan

Senin s.d. Jumat : pukul 08.00 – 15.00 WIB

 

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan lingkungan pelayanan di Kecamatan Pundong :

 

No

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  • Peraturan Bupati Bantul Nomor : 130 Tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi, serta tata kerja kecamatan se Kabupaten Bantul.
  • Peraturan Bupati Nomor : 41 Tahun 2011 tentang perubahan atas Perbub 11 tahun 2011 tentang pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat

2.

Sarana dan prasarana dan/ atau fasilitas

Sarana dan prasarana:

  • Buku register dan buku pengambilan
  • Alat tulis
  • Komputer dan printer
  • Blanko surat permohonan
  • Tempat parkir
  • Meja kursi
  • Leaflet dan banner
  • Alat tulis kantor
  • Fasillitas pendukung;
  • Ruang tunggu dilengkapi dengan :
  • AC
  • Televisi;
  • Dispenser;
  • Surat kabar;
  • Permen;
  • Komputer khusus untuk pemohon;
  • Meja khusus untuk pemohon.
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Sub domain Kecamatan Pundong

3.

Kompetensi pelaksana

1.Camat

  • S1 Ilmu pemerintahan, S1 AN, S1 Komunilasi, S1  ilmu  politik, S1  Sosiologi, S1  Sosiatri, S1 Hukum

2. Kepala Seksi Pelayanan

  • S2 Manajemen S2,  Ilmu Hukum S2,  AN S2,  S1 Komunikasi, S1 Hukum, S1 Sospol, S1   Ekonomi.

3. Penatalaksana  Pelayanan

      SMA/SMK

4. Pengadministrasi Umum

      S M A/SM K                                                                

4.

Pengawasan Internal

Camat

5.

Jumlah pelaksana

Minimal 2(dua) orang

6.

Jaminan pelayanan

1. Kerahasiaan dan keamanan berkas terjamin

  1. Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme

7.

Evaluasi kinerja pelayanan

  1. Evaluasi dilaksanakan enam bulan  sekali jika tidak ada pengaduan
  2. Pengukuran Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) setiap 6 (enam bulan) sekali

 

6. Rekomendasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

 

No

Komponen

Uraian

1.

Persyaratan

  1. Surat permohonan pangajuan IMB yang  sudah ditandatangani oleh dukuh dan lurah desa
  2. Foto kopi KK dan KTP Elektronik pemohon
  3. Foto kopi sertifikat tanah yang akan yang akan didirikan bangunan
  4. Surat Pernyataan Persetujuan tetangga samping kiri kanan depan belakang
  5. Gambar / sketsa bangunan dan lokasi bangunan
  6. SPPL dari Dinas Lingkungan Hidup

7.  Surat Kuasa jika dikuasakan

     pengurusannya.

2.

Sistem, mekanisme dan

prosedur

  1. Pemohon datang dan menyerahkan  berkas di ruang pelayanan lalu mengisi buku tamu
  2. Petugas menerima berkas, memverifikasi, meregister dan memaraf berkas jika sudah benar. Jika berkas belum lengkap dikembalikan pemohon.
  3. Petugas menyerahkan berkas kepada Kasi Pelayanan
  4. Kasi Pelayanan memeriksa berkas dan  menandatangani proposal
  5. Jika Kasi Pelayanan berhalangan, berkas bisa ditandatangani pejabat struktural lainnya
  6. Petugas menyerahkan berkas yang sudah diproses kepada pemohon

3.

Jangka waktu pelayanan

10 menit (jika berkas sudah lengkap)

4.

Biaya/tarif

Tidak dipungut  biaya  ( gratis )

5.

Produk pelayanan

Rekomendasi IMB

6.

Pelayanan pengaduan saran

dan masukan

  • Kotak saran dan pengaduan
  • Telepon :  (0274) 6464123
  • Email     :  kec.pundong@bantulkab.go.id
  • WA/SMS Center Kecamatan Pundong (0822207403320)
  • FB : Kecamatan Pundong

7.

Jam pelayanan

Senin s.d Kamis :  pukul 08.00 – 15.00 WIB

 

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan lingkungan pelayanan di Kecamatan Pundong :

 

 

No

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  • Peraturan Bupati Bantul Nomor : 130 Tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi, serta tata kerja kecamatan se Kabupaten Bantul.
  • Peraturan Bupati Nomor : 41 Tahun 2011 tentang perubahan atas Perbub 11 tahun 2011 tentang pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat

2.

Sarana dan prasarana dan/ atau fasilitas

Sarana dan prasarana:

  • Buku register dan buku pengambilan
  • Alat tulis
  • Komputer dan printer
  • Blanko surat permohonan
  • Tempat parkir
  • Meja kursi
  • Leaflet dan banner
  • Alat tulis kantor
  • Fasillitas pendukung;
  • Ruang tunggu dilengkapi dengan :
  • AC
  • Televisi;
  • Dispenser;
  • Surat kabar;
  • Permen;
  • Komputer khusus untuk pemohon;
  • Meja khusus untuk pemohon.
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat parkir

3.

Kompetensi pelaksana

1. Kepala Seksi Pelayanan/pejabat

struktural lainnya

  • S2 Manajemen S2,  Ilmu Hukum S2,  AN S2,  S1 Komunikasi, S1 Hukum, S1 Sospol, S1   Ekonomi.

2. Penatalaksana  Pelayanan

      SMA/SMK

3. Pengadministrasi Umum

      S M A/SM K                                                                

4.

Pengawasan Internal

Camat

5.

Jumlah pelaksana

Minimal 2(dua) orang

6.

Jaminan pelayanan

1. Kerahasiaan dan keamanan berkas terjamin

  1. Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme

7.

Evaluasi kinerja pelayanan

  1. Evaluasi dilaksanakan enam bulan  sekali jika tidak ada pengaduan

2. Pengukuran Survey Kepuasan

Masyarakat setiap 6 (enam) bulan sekali.                                                           

 

7. Rekomendasi Izin Keramaian

Komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

 

No

Komponen

Uraian

1.

Persyaratan

1. Pengantar Surat Izin Keramaian yang sudah ditandatangani oleh dukuh dan lurah desa

  1. KTP Elektronik pemohon
  2.  
  3.      kiri, kanan,  depan dan
  4.    

2.

Sistem, mekanisme dan

prosedur

  1. Pemohon datang dan menyerahkan  berkas di ruang pelayanan lalu mengisi buku tamu
  2. Petugas menerima berkas, memverifikasi, meregister dan memaraf berkas jika sudah benar. Jika berkas belum lengkap dikembalikan pemohon.
  3. Petugas menyerahkan berkas kepada Kasi Pelayanan
  4. Kasi Pelayanan memeriksa berkas dan  menandatangani berkas.
  5. Jika Kasi Pelayanan berhalangan, berkas bisa ditandatangani pejabat struktural lainnya
  6. Petugas menyerahkan berkas yang sudah diproses kepada pemohon

 

3.

Jangka waktu pelayanan

5 (lima) menit.

4.

Biaya/tarif

Tidak dipungut  biaya  ( gratis )

5.

Produk pelayanan

Rekomendasi Izin Keramaian

6.

Pelayanan pengaduan saran

dan masukan

  • Kotak saran dan pengaduan
  • Telepon :  (0274) 6464123
  • Email     :  kec.pundong@bantulkab.go.id
  • WA/SMS Center Kecamatan Pundong (0822207403320)
  • FB : Kecamatan Pundong

7.

Jam pelayanan

Senin s.d. Kamis : pukul 08.00 – 15.00 WIB

 

 

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan lingkungan pelayanan di Kecamatan Pundong :

 

No

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  • Peraturan Bupati Bantul Nomor : 130 Tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi, serta tata kerja kecamatan se Kabupaten Bantul.
  • Peraturan Bupati Nomor : 41 Tahun 2011 tentang perubahan atas Perbub 11 tahun 2011 tentang pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat

2.

Sarana dan prasarana dan/ atau fasilitas

Sarana dan prasarana:

  • Buku register dan buku pengambilan
  • Alat tulis
  • Komputer dan printer
  • Blanko surat permohonan
  • Tempat parkir
  • Meja kursi
  • Leaflet dan banner
  • Alat tulis kantor
  • Fasillitas pendukung;
  • Ruang tunggu dilengkapi dengan :
  • AC
  • Televisi;
  • Dispenser;
  • Surat kabar;
  • Permen;
  • Komputer khusus untuk pemohon;
  • Meja khusus untuk pemohon.
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Sub domain Kecamatan Pundong

3.

Kompetensi pelaksana

  1. . Kepala Seksi Pelayanan/pejabat

struktural lainnya,

  • S2 Manajemen S2,  Ilmu Hukum S2,  AN S2,  S1 Komunikasi, S1 Hukum, S1 Sospol, S1   Ekonomi.

3. Penatalaksana  Pelayanan

      SMA/SMK

4. Pengadministrasi Umum

      S M A/SM                                                                 

4.

Pengawasan Internal

Camat

5.

Jumlah pelaksana

Minimal 2 (dua) orang

6.

Jaminan pelayanan

1. Kerahasiaan dan keamanan berkasterjamin

  1. Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme

7.

Evaluasi kinerja pelayanan

  1. Evaluasi dilaksanakan enam bulan  sekali jika tidak ada pengaduan

2. Pengukuran Survey Kepuasan

Masyarakat (SKM) setiap 6 (enam) bulan sekali                                                            

 

7. Pelayanan  Pindah/Pindah Datang

Komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

No

Komponen

Uraian

1.

Persyaratan

  1. SKPWNI dan biodata dari kecamatan asal (bagi yang pindah dating antar kecamatan)
  2. Mengisi blanko F.106
  3. Mengisi blanko F.01
  4. KTP Elektronik asli
  5. Kartu Keluarga induk asli
  6. Foto kopi Surat Nikah (bagi anggota keluarga yang statusnya sudah nikah)
  7. Foto kopi pendukung perubahan data kependudukan (Misal : Akte Kelahiran/Kematian, ijazah terakhir, SK CPNS, SK pensiun)

 

2.

Sistem, mekanisme dan

prosedur

  1. Pemohon datang membawa berkas pengantar pindah/pindah datang .
  2. Petugas meregister berkas.

3.Operator mencetak SKPWNI dan biodata pemohon pindah antar kecamatan.   

4.Kasi Pelayanan/pejabat struktural lainnya  menandatangani surat keterangan pindah   antar kecamatan

5. Petugas menyerahkanSKPWNI dan biodata, selanjutnya dibawa ke kecamatan yang dituju.

6. Bagi yang pindah datang antar kecamatan, dan pindah/pindah datang antar desa/dusun, operator mencetak Kartu Keluarga yang bersangkutan.

3.

Jangka waktu pelayanan

  • 10 menit
  • KK pindah datang/pindah  (15 menit)

 

4.

Biaya/tarif

Gratis

5.

Produk pelayanan

  • Pengantar pindah yang sudah ditandatangani
  • KK

6.

Pelayanan pengaduan saran

dan masukan

  • Kotak saran dan pengaduan
  • Telepon :  (0274) 6464123
  • Email     :  kec.pundong@bantulkab.go.id
  • WA/SMS Center Kecamatan Pundong (0822207403320)
  • FB : Kecamatan Pundong

7.

Jam pelayanan

Senin s.d. Kamis : pukul 08.00 –15.00 WIB

 

 

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan lingkungan pelayanan di Kecamatan Pundong :

 

No

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  • Peraturan Bupati Bantul Nomor : 130 Tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi, serta tata kerja kecamatan se Kabupaten Bantul.
  • Peraturan Bupati Nomor : 41 Tahun 2011 tentang perubahan atas Perbub 11 tahun 2011 tentang pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat

2.

Sarana dan prasarana dan/ atau fasilitas

Sarana dan prasarana:

  • Buku register dan buku pengambilan
  • Alat tulis
  • Komputer dan printer
  • Blanko surat permohonan
  • Tempat parkir
  • Meja kursi
  • Leaflet dan banner
  • Alat tulis kantor
  • Fasillitas pendukung;
  • Ruang tunggu dilengkapi dengan :
  • AC
  • Televisi;
  • Dispenser;
  • Surat kabar;
  • Permen;
  • Komputer khusus untuk pemohon;
  • Meja khusus untuk pemohon.
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Sub domain Kecamatan Pundong

3.

Kompetensi pelaksana

  1. . Kepala Seksi Pelayanan/pejabat

struktural lainnya,

  • S2 Manajemen S2,  Ilmu Hukum S2,  AN S2,  S1 Komunikasi, S1 Hukum, S1 Sospol, S1   Ekonomi.

2. Penatalaksana  Pelayanan

      SMA/SMK                                                                

2. Pengadministrasi Umum

      S M A/SM K                                                                

4.

Pengawasan Internal

Camat

5.

Jumlah pelaksana

Minimal 3 (tiga) orang

6.

Jaminan pelayanan

1. Kerahasiaan dan keamanan berkas

  •    

2. Bebas Korupsi, Kolusi dan

  •   

7.

Evaluasi kinerja pelayanan

  1. Evaluasi dilaksanakan enam bulan  sekali jika tidak ada pengaduan

2. Pengukuran Survey Kepuasan

Masyarakat (SKM) setiap 6 (enam) bulan                                                            

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMERINTAH KABUPATEN BANTUL

KECAMATAN PUNDONG

Alamat: Piring, Srihardono, Pundong, Bantul, 55771 Telepon (0274) 6464165

Faksimil: (0274)-6464123

Posel : kec.pundong@bantulkab.go.id,

 

KEPUTUSAN CAMAT PUNDONG NOMOR: 32 TAHUN 2020

TENTANG

STANDAR PELAYANAN DI KECAMATAN PUNDONG

                                                                                                           

CAMAT PUNDONG

 

Menimbang

:

a.

bahwa dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik sesuai dengan azas penyelenggaraan pemerintahan yang baik, dan guna mewujudkan kepastian hak dan kewajiban berbagai pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan, setiap penyelenggara pelayanan publik berkewajiban menetapkan Standar Pelayanan; dan

 

 

b.

bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a perlu menetapkan Keputusan Camat tentang  Standar Pelayanan pada Kecamatan Pundong;

 

 

 

 

Mengingat

:

  1. Peraturan Bupati Bantul Nomor 130 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Kecamatan Se-Kabupaten Bantul
  2. Peraturan Bupati Bantul No 23 Tahun 2016 tentang  Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP)  Penyelenggaraan Pemerintahan  di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul
  3. Peraturan Bupati Bantul No 87 Tahun 2016 tentang Standar Operasional Prosedur Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan
  4. Peraturan Bupati Nomor : 41 Tahun 2011 tentang Perubahan atas Perbub 11 tahun 2011 tentang Pelimpahan sebagian Kewenangan Bupati kepada Camat

MEMUTUSKAN :

 

 

 

 

Menetapkan

:

 

 

KESATU

:

Standar Pelayanan pada Kecamatan Pundong sebagaimana tercantum pada Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan ini.

 

KEDUA

:

Ruang lingkup Standar Pelayanan sebagaimana dimaksud dalam diktum KESATU meliputi:

 

a. Rekomendasi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian);

b. Rekomendasi STKM (Surat Keterangan Tidak Mampu);

c. Rekomendasi Proposal

d. Surat Dispensasi Nikah

e. Rekomendasi Surat Keterangan Ahli Waris

f. Rekomendasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

g. Rekomendasi Izin Keramaian

h.Pindah/Pindah Datang

 

KETIGA

:

Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

 

 

Ditetapkan di Pundong

                                                                             pada tanggal  2 November 2020                   

 

                CAMAT

 

 

                                                                             NANANG DWI ATMOKO, S.Sos.

Pembina TK I, IV/b

NIP 196905231997031001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN KEPUTUSAN CAMAT PUNDONG

NOMOR    32  TAHUN 2020

HAL : PENETAPAN STANDAR  PELAYANAN (SP)

DI  KECAMATAN  PUNDONG

 

  1. PENDAHULUAN

 

Berdasarkan Peraturan Bupati No : 130 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Kecamatan se-Kabupaten Bantul, Kecamatan merupakan Perangkat Daerah unsur penunjang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Kecamatan mempunyai tugas membantu Bupati dalam mengkoordinasikan penyelenggaraan pemerintahan umum, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat desa.

 

  1. STANDAR PELAYANAN

 

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan lingkungan pelayanan di Kecamatan Pundong  meliputi :

 

1. Rekomendasi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).

Komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

 

No

Komponen

Uraian

1.

Persyaratan

  • Blanko surat keterangan permohonan SKCK yang sudah disahkan desa
  • Fotokopi KTP Elektronik
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi akte kelahiran

2.

Sistem, mekanisme dan

prosedur

  • Pemohon datang dan menyerahkan berkas di ruang pelayanan lalu mengisi buku tamu
  • Petugas menerima berkas, memverifikasi dan meregister
  • Petugas memintakan tanda tangan kepada Kasi Pelayanan atau pejabat struktural lainnya.
  • Petugas menyerahkan berkas yang sudah diproses kepada pemohon

3.

Jangka waktu pelayanan

  • 5 (lima) menit

4.

Biaya/tarif

  • Tidak dipungut  biaya  ( gratis )

5.

Produk pelayanan

  • Rekomendasi SKCK

6.

Pelayanan pengaduan saran

dan masukan

  • Kotak saran dan pengaduan
  • Telepon :  (0274) 6464123
  • Email     :  kec.pundong@bantulkab.go.id
  • WA Center Kecamatan Pundong (0822207403320)
  • FB : Kecamatan Pundong

7.

Jam pelayanan

Senin s.d. Jumat : pukul  08.00 –15.00 WIB

 

 

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan lingkungan pelayanan di Kecamatan Pundong :

 

No

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  • Peraturan Bupati Bantul Nomor : 130 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Kecamatan se-Kabupaten Bantul.
  • Peraturan Bupati Nomor : 41 Tahun 2011 tentang Perubahan atas Perbub 11 tahun 2011 tentang Pelimpahan sebagian Kewenangan Bupati kepada Camat

2.

Sarana dan prasarana dan/ atau fasilitas

- Sarana dan prasarana :

  • Buku register dan buku pengambilan
  • Alat tulis
  • Komputer dan printer
  • Blanko surat permohonan
  • Meja kursi
  • Leaflet dan banner
  • Alat tulis kantor
  • Fasillitas pendukung;
  • Ruang tunggu dilengkapi dengan :
  • AC
  • Televisi;
  • Dispenser;
  • Surat kabar;
  • Permen;
  • Komputer khusus untuk pemohon;
  • Meja khusus untuk pemohon.
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Sub domain Kecamatan Pundong

3.

Kompetensi pelaksana

1. Kepala Seksi Pelayanan/pejabat

    struktural lainnya.

  • S2 Manajemen S2,  Ilmu Hukum S2,  AN S2,  S1 Komunikasi, S1 Hukum, S1 Sospol, S1   Ekonomi.

3. Penatalaksana  Pelayanan

      S M A/S M K   

4. Pengadministrasi Umum

    S M A/SM K  

4.

Pengawasan Internal

Camat

5.

Jumlah pelaksana

Minimal 2 (dua) orang

6.

Jaminan pelayanan

  1. Kerahasiaan dan keamanan berkas terjamin
  2. Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme

7.

Evaluasi kinerja pelayanan

  1. Evaluasi dilaksanakan enam bulan  sekali jika tidak ada pengaduan

2. Pengukuran       Standar  Kepuasan masyarakat (SKM)       yang  dilaksanakan setiap 6  (enam) bulan sekali.

 

2. Rekomendasi SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu)

Komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

 

No

Komponen

Uraian

1.

Persyaratan

  • Blanko surat keterangan permohonan SKTM yang sudah disahkan desa
  • Fotokopi KTP Elektronik
  • Fotokopi KK

2.

Sistem, mekanisme dan

prosedur

  • Pemohon datang dan menyerahkan berkas di ruang pelayanan lalu mengisi buku tamu
  • Petugas menerima berkas, memverifikasi dan meregister
  • Petugas memintakan tanda tangan kepada Kasi Pelayanan atau pejabat  struktural lainnya.
  • Petugas menyerahkan berkas yang sudah diproses kepada pemohon

3.

Jangka waktu pelayanan

  • 5 (lima) menit

4.

Biaya/tarif

  • Tidak dipungut  biaya  ( gratis )

5.

Produk pelayanan

  • Rekomendasi SKTM

6.

Pelayanan pengaduan saran

dan masukan

  • Kotak saran dan pengaduan
  • Telepon :  (0274) 6464123
  • Email     :  kec.pundong@bantulkab.go.id
  • WA/SMS Center Kecamatan Pundong (0822207403320)
  • FB : Kecamatan Pundong

7.

Jam pelayanan

Senin s.d.Jumat : pukul  08.00–15.00 WIB

 

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan lingkungan pelayanan di Kecamatan Pundong :

 

No

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  • Peraturan Bupati Bantul Nomor : 130 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Kecamatan se-Kabupaten Bantul.
  • Peraturan Bupati Nomor : 41 Tahun 2011 tentang Perubahan atas Perbub 11 Tahun 2011 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Bupati kepada Camat

2.

Sarana dan prasarana dan/ atau fasilitas

-Sarana dan prasarana:

  • Buku register dan buku pengambilan
  • Alat tulis
  • Komputer dan printer
  • Blanko surat permohonan
  • Tempat parker
  • Meja kursi
  • Leaflet dan banner
  • Alat tulis kantor
  • Fasillitas pendukung;
  • Ruang tunggu dilengkapi dengan :
  • AC
  • Televisi;
  • Dispenser;
  • Surat kabar;
  • Permen;
  • Komputer khusus untuk pemohon;
  • Meja khusus untuk pemohon.
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Sub domain Kecamatan Pundong

3.

Kompetensi pelaksana

  1. . Kepala Seksi Pelayanan dan pejabat struktural lainnya
  • S2 Manajemen S2,  Ilmu Hukum S2,  AN S2,  S1 Komunikasi, S1 Hukum, S1 Sospol, S1   Ekonomi.

2. Penatalaksana  Pelayanan

      S M A/S M K   

3. Pengadministrasi Umum

      S M A/SM K    

4.

Pengawasan Internal

Camat

5.

Jumlah pelaksana

Minimal 2 (dua) orang

6.

Jaminan pelayanan

1. Kerahasiaan dan keamanan berkas terjamin

  1. Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme

7.

Evaluasi kinerja pelayanan

  1. Evaluasi dilaksanakan enam bulan  sekali jika tidak ada pengaduan

2. Pengukuran       Standar  Kepuasan masyarakat (SKM)       yang  dilaksanakan setiap 6  (enam) bulan sekali.

 

3. Surat Dispensasi Nikah

Komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

No

Komponen

Uraian

1.

Persyaratan

 

  1.  
  2.  
  3.  
  4.  

2.

Sistem, mekanisme, dan, prosedur

 

  1. Pemohon datang dan menyerahkan berkas di ruang pelayanan lalu mengisi buku tamu
  2. Petugas membuat draf Surat Dispensasi Nikah
  3. Petugas memaraf draf Surat Dispensasi Nikah lalu menyerahkan kepada Kasi Pelayanan.
  4. Kasi Pelayanan memeriksa Surat Pengantar Dispensasi Nikah dan menandatanganinya jika sudah benar.
  5. Jika Kasi Pelayanan berhalangan, Surat Pengantar Dispensasi Nikah bisa ditandatangani pejabat struktural lainnya.  
  6. Petugas menyerahkan  Surat Pengantar Dispensasi Nikah kepada pemohon.

3.

Jangka Waktu Pelayanan

15 (lima belas)  menit (jika syarat sudah lengkap)

4.

Biaya/tarif

Tidak dipungut biaya (gratis)

5.

Produk pelayanan

Surat Dispensasi Nikah

6.

Penanganan Pengaduan, saran, dan masukan

 

  • Kotak saran dan pengaduan
  • Telepon :  (0274) 6464123
  • Email     :  kec.pundong@bantulkab.go.id
  • WA/SMS Center Kecamatan Pundong (0822207403320)
  • FB : Kecamatan Pundong

7.

Jam Pelayanan

  • Senin–Jumat:  pukul 08.00 -15.00 WIB

 

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan lingkungan pelayanan di Kecamatan Pundong :

 

No

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  • Peraturan Bupati Bantul Nomor : 130 Tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi, serta tata kerja kecamatan se Kabupaten Bantul.
  • Peraturan Bupati Nomor : 41 Tahun 2011 tentang perubahan atas Perbub 11 tahun 2011 tentang pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat

2.

Sarana dan prasarana dan/ atau fasilitas

-Sarana dan prasarana:

  • Buku register dan buku pengambilan
  • Alat tulis
  • Komputer dan printer
  • Blanko surat permohonan
  • Tempat parker
  • Meja kursi
  • Leaflet dan banner
  • Alat tulis kantor
  • Fasillitas pendukung;
  • Ruang tunggu dilengkapi dengan :
  • AC
  • Televisi;
  • Dispenser;
  • Surat kabar;
  • Permen;
  • Komputer khusus untuk pemohon;
  • Meja khusus untuk pemohon.
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Subdomain Kecamatan Pundong

3.

Kompetensi pelaksana

 

  1. . Kepala Seksi Pelayanan/pejabat

struktural lainnya

  • S2 Manajemen S2,  Ilmu Hukum S2,  AN S2,  S1 Komunikasi, S1 Hukum, S1 Sospol, S1   Ekonomi.

2. Penatalaksana  Pelayanan

      S M A/S M K   

3. Pengadministrasi Umum

      S M A/SM K    

4.

Pengawasan Internal

Camat

5.

Jumlah pelaksana

Minimal 2 (dua) orang

6.

Jaminan pelayanan

1. Kerahasiaan dan keamanan berkas terjamin

  1. Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme

7.

Evaluasi kinerja pelayanan

  1. Evaluasi dilaksanakan enam bulan  sekali jika tidak ada pengaduan

2. Pengukuran       Standar  Kepuasan masyarakat (SKM)       yang  dilaksanakan setiap 6  (enam) bulan sekali.

 

 

4. Rekomendasi Proposal

Komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

 

No

Komponen

Uraian

1.

Persyaratan

  • Proposal yang sudah disahkan desa
  • KTP Elektronik pemohon

2.

Sistem, mekanisme dan

prosedur

  • Pemohon datang dan menyerahkan  berkas di ruang pelayanan lalu mengisi buku tamu
  • Petugas menerima berkas, memverifikasi, meregister dan memaraf berkas jika sudah benar. Jika berkas belum lengkap dikembalikan pemohon.
  • Petugas menyerahkan berkas kepada Kasi Pelayanan
  • Kasi Pelayanan memeriksa berkas dan  menandatangai proposal
  • Jika Kasi Pelayanan berhalangan, berkas bisa ditandatangani pejabat struktural lainnya
  • Petugas menyerahkan berkas yang sudah diproses kepada pemohon

3.

Jangka waktu pelayanan

  • 10 (sepuluh) menit

4.

Biaya/tarif

  • Tidak dipungut  biaya  ( gratis )

5.

Produk pelayanan

  • Rekomendasi proposal

6.

Pelayanan pengaduan saran

dan masukan

  • Kotak saran dan pengaduan
  • Telepon :  (0274) 6464123
  • Email     :  kec.pundong@bantulkab.go.id
  • WA/SMS Center Kecamatan Pundong (0822207403320)
  • FB : Kecamatan Pundong

7.

Jam pelayanan

Senin s.d. Jumat :  pukul 08.00 – 15.00 WIB

 

 

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan lingkungan pelayanan di Kecamatan Pundong :

 

No

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  • Peraturan Bupati Bantul Nomor : 130 Tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi, serta tata kerja kecamatan se Kabupaten Bantul.
  • Peraturan Bupati Nomor : 41 Tahun 2011 tentang perubahan atas Perbub 11 tahun 2011 tentang pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat

2.

Sarana dan prasarana dan/ atau fasilitas

-Sarana dan prasarana:

  • Buku register dan buku pengambilan
  • Alat tulis
  • Komputer dan printer
  • Blanko surat permohonan
  • Tempat parkir
  • Meja kursi
  • Leaflet dan banner
  • Alat tulis kantor
  • Fasillitas pendukung;
  • Ruang tunggu dilengkapi dengan :
  • AC
  • Televisi;
  • Dispenser;
  • Surat kabar;
  • Permen;
  • Komputer khusus untuk pemohon;
  • Meja khusus untuk pemohon.
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Sub domain Kecamatan Pundong

3.

Kompetensi pelaksana

1. Kepala Seksi Pelayanan/pejabat

    struktural lainnya.

  • S2 Manajemen S2,  Ilmu Hukum S2,  AN S2,  S1 Komunikasi, S1 Hukum, S1 Sospol, S1   Ekonomi.

3. Penatalaksana  Pelayanan

      S M A/S M K   

4. Pengadministrasi Umum

      S M A/SM K

4.

Pengawasan Internal

Camat

5.

Jumlah pelaksana

Minimal 2 (dua) orang

6.

Jaminan pelayanan

1. Kerahasiaan dan keamanan berkas terjamin

  1. Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme

7.

Evaluasi kinerja pelayanan

  1. Evaluasi dilaksanakan enam bulan  sekali jika tidak ada pengaduan

2. Pengukuran       Survey  Kepuasan masyarakat (SKM)       yang  dilaksanakan setiap 6  (enam) bulan.

 

5. Rekomendasi Surat Keterangan Ahli Waris

Komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

 

No

Komponen

Uraian

1.

Persyaratan

  • Surat permohonan Keterangan Ahli Waris;
  • Surat Pernyataan bersama ahli waris;
  • Silsilah keluarga/bagan ahli waris;
  • Fotokopi Akte Kematian ;
  • Fotokopi KTP ahli waris yang masih berlaku;
  • Surat Keterangan Nikah almarhum dari KUA;
  • Pernyataan permohonan surat keterangan ahli waris;
  • Fotokopi SPPT PBB tahun terakhir
  • Bukti-buki surat keterangan lainnya;

jika terdapat perbedaan data kependudukan ahli waris maupun data yang meninggal.

  • Kerelaan sebagian tanah waris untuk keperluan / fasilitas umum
  • Surat kuasa apabila dikuasakan kepada orang lain
  • Pernyataan selisih kelahiran jika jarak kelahiran ahli waris kurang dari 1 tahun atau lebih dari 10 tahun.

2.

Sistem, mekanisme dan

prosedur

  1. Pemohon datang dan menyerahkan berkas di ruang pelayanan lalu mengisi buku tamu
  2. Petugas pendaftaran menerima berkas lalu menyerahkan berkas kepada Seksi Pemerintahan
  3. Staf Seksi Tata Pemerintahan memverifikasi, meregister, memaraf  dan menaikan berkas ke  Kasi Tata Pemerintahan jika berkas sudah lengkap. Jika belum lengkap, berkas dikembalikan ke pemohon.
  4. Kasi Tata Pemerintahan  memeriksa berkas dan memberi paraf
  5. Camat menandatangani Surat Keterangan ahli waris
  6. Petugas menyerahkan  Surat Keterangan Ahli Waris kepada pemohon.

 

3.

Jangka waktu pelayanan

10 (sepuluu) menit,  (jika berkas sudah lengkap)

4.

Biaya/tarif

Tidak dipungut  biaya  ( gratis )

5.

Produk pelayanan

Surat Keterangan Ahli Waris.

6.

Pelayanan pengaduan saran

dan masukan

  • Kotak saran dan pengaduan
  • Telepon :  (0274) 6464123
  • Email     :  kec.pundong@bantulkab.go.id
  • WA/SMS Center Kecamatan Pundong (0822207403320)
  • FB: Kecamatan Pundong

7.

Jam pelayanan

Senin s.d. Jumat : pukul 08.00 – 15.00 WIB

 

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan lingkungan pelayanan di Kecamatan Pundong :

 

No

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  • Peraturan Bupati Bantul Nomor : 130 Tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi, serta tata kerja kecamatan se Kabupaten Bantul.
  • Peraturan Bupati Nomor : 41 Tahun 2011 tentang perubahan atas Perbub 11 tahun 2011 tentang pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat

2.

Sarana dan prasarana dan/ atau fasilitas

Sarana dan prasarana:

  • Buku register dan buku pengambilan
  • Alat tulis
  • Komputer dan printer
  • Blanko surat permohonan
  • Tempat parkir
  • Meja kursi
  • Leaflet dan banner
  • Alat tulis kantor
  • Fasillitas pendukung;
  • Ruang tunggu dilengkapi dengan :
  • AC
  • Televisi;
  • Dispenser;
  • Surat kabar;
  • Permen;
  • Komputer khusus untuk pemohon;
  • Meja khusus untuk pemohon.
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Sub domain Kecamatan Pundong

3.

Kompetensi pelaksana

1.Camat

  • S1 Ilmu pemerintahan, S1 AN, S1 Komunilasi, S1  ilmu  politik, S1  Sosiologi, S1  Sosiatri, S1 Hukum

2. Kepala Seksi Pelayanan

  • S2 Manajemen S2,  Ilmu Hukum S2,  AN S2,  S1 Komunikasi, S1 Hukum, S1 Sospol, S1   Ekonomi.

3. Penatalaksana  Pelayanan

      SMA/SMK

4. Pengadministrasi Umum

      S M A/SM K                                                                

4.

Pengawasan Internal

Camat

5.

Jumlah pelaksana

Minimal 2(dua) orang

6.

Jaminan pelayanan

1. Kerahasiaan dan keamanan berkas terjamin

  1. Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme

7.

Evaluasi kinerja pelayanan

  1. Evaluasi dilaksanakan enam bulan  sekali jika tidak ada pengaduan
  2. Pengukuran Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) setiap 6 (enam bulan) sekali

 

6. Rekomendasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

 

No

Komponen

Uraian

1.

Persyaratan

  1. Surat permohonan pangajuan IMB yang  sudah ditandatangani oleh dukuh dan lurah desa
  2. Foto kopi KK dan KTP Elektronik pemohon
  3. Foto kopi sertifikat tanah yang akan yang akan didirikan bangunan
  4. Surat Pernyataan Persetujuan tetangga samping kiri kanan depan belakang
  5. Gambar / sketsa bangunan dan lokasi bangunan
  6. SPPL dari Dinas Lingkungan Hidup

7.  Surat Kuasa jika dikuasakan

     pengurusannya.

2.

Sistem, mekanisme dan

prosedur

  1. Pemohon datang dan menyerahkan  berkas di ruang pelayanan lalu mengisi buku tamu
  2. Petugas menerima berkas, memverifikasi, meregister dan memaraf berkas jika sudah benar. Jika berkas belum lengkap dikembalikan pemohon.
  3. Petugas menyerahkan berkas kepada Kasi Pelayanan
  4. Kasi Pelayanan memeriksa berkas dan  menandatangani proposal
  5. Jika Kasi Pelayanan berhalangan, berkas bisa ditandatangani pejabat struktural lainnya
  6. Petugas menyerahkan berkas yang sudah diproses kepada pemohon

3.

Jangka waktu pelayanan

10 menit (jika berkas sudah lengkap)

4.

Biaya/tarif

Tidak dipungut  biaya  ( gratis )

5.

Produk pelayanan

Rekomendasi IMB

6.

Pelayanan pengaduan saran

dan masukan

  • Kotak saran dan pengaduan
  • Telepon :  (0274) 6464123
  • Email     :  kec.pundong@bantulkab.go.id
  • WA/SMS Center Kecamatan Pundong (0822207403320)
  • FB : Kecamatan Pundong

7.

Jam pelayanan

Senin s.d Kamis :  pukul 08.00 – 15.00 WIB

 

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan lingkungan pelayanan di Kecamatan Pundong :

 

 

No

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  • Peraturan Bupati Bantul Nomor : 130 Tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi, serta tata kerja kecamatan se Kabupaten Bantul.
  • Peraturan Bupati Nomor : 41 Tahun 2011 tentang perubahan atas Perbub 11 tahun 2011 tentang pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat

2.

Sarana dan prasarana dan/ atau fasilitas

Sarana dan prasarana:

  • Buku register dan buku pengambilan
  • Alat tulis
  • Komputer dan printer
  • Blanko surat permohonan
  • Tempat parkir
  • Meja kursi
  • Leaflet dan banner
  • Alat tulis kantor
  • Fasillitas pendukung;
  • Ruang tunggu dilengkapi dengan :
  • AC
  • Televisi;
  • Dispenser;
  • Surat kabar;
  • Permen;
  • Komputer khusus untuk pemohon;
  • Meja khusus untuk pemohon.
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat parkir

3.

Kompetensi pelaksana

1. Kepala Seksi Pelayanan/pejabat

struktural lainnya

  • S2 Manajemen S2,  Ilmu Hukum S2,  AN S2,  S1 Komunikasi, S1 Hukum, S1 Sospol, S1   Ekonomi.

2. Penatalaksana  Pelayanan

      SMA/SMK

3. Pengadministrasi Umum

      S M A/SM K                                                                

4.

Pengawasan Internal

Camat

5.

Jumlah pelaksana

Minimal 2(dua) orang

6.

Jaminan pelayanan

1. Kerahasiaan dan keamanan berkas terjamin

  1. Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme

7.

Evaluasi kinerja pelayanan

  1. Evaluasi dilaksanakan enam bulan  sekali jika tidak ada pengaduan

2. Pengukuran Survey Kepuasan

Masyarakat setiap 6 (enam) bulan sekali.                                                           

 

7. Rekomendasi Izin Keramaian

Komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

 

No

Komponen

Uraian

1.

Persyaratan

1. Pengantar Surat Izin Keramaian yang sudah ditandatangani oleh dukuh dan lurah desa

  1. KTP Elektronik pemohon
  2.  
  3.      kiri, kanan,  depan dan
  4.    

2.

Sistem, mekanisme dan

prosedur

  1. Pemohon datang dan menyerahkan  berkas di ruang pelayanan lalu mengisi buku tamu
  2. Petugas menerima berkas, memverifikasi, meregister dan memaraf berkas jika sudah benar. Jika berkas belum lengkap dikembalikan pemohon.
  3. Petugas menyerahkan berkas kepada Kasi Pelayanan
  4. Kasi Pelayanan memeriksa berkas dan  menandatangani berkas.
  5. Jika Kasi Pelayanan berhalangan, berkas bisa ditandatangani pejabat struktural lainnya
  6. Petugas menyerahkan berkas yang sudah diproses kepada pemohon

 

3.

Jangka waktu pelayanan

5 (lima) menit.

4.

Biaya/tarif

Tidak dipungut  biaya  ( gratis )

5.

Produk pelayanan

Rekomendasi Izin Keramaian

6.

Pelayanan pengaduan saran

dan masukan

  • Kotak saran dan pengaduan
  • Telepon :  (0274) 6464123
  • Email     :  kec.pundong@bantulkab.go.id
  • WA/SMS Center Kecamatan Pundong (0822207403320)
  • FB : Kecamatan Pundong

7.

Jam pelayanan

Senin s.d. Kamis : pukul 08.00 – 15.00 WIB

 

 

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan lingkungan pelayanan di Kecamatan Pundong :

 

No

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  • Peraturan Bupati Bantul Nomor : 130 Tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi, serta tata kerja kecamatan se Kabupaten Bantul.
  • Peraturan Bupati Nomor : 41 Tahun 2011 tentang perubahan atas Perbub 11 tahun 2011 tentang pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat

2.

Sarana dan prasarana dan/ atau fasilitas

Sarana dan prasarana:

  • Buku register dan buku pengambilan
  • Alat tulis
  • Komputer dan printer
  • Blanko surat permohonan
  • Tempat parkir
  • Meja kursi
  • Leaflet dan banner
  • Alat tulis kantor
  • Fasillitas pendukung;
  • Ruang tunggu dilengkapi dengan :
  • AC
  • Televisi;
  • Dispenser;
  • Surat kabar;
  • Permen;
  • Komputer khusus untuk pemohon;
  • Meja khusus untuk pemohon.
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Sub domain Kecamatan Pundong

3.

Kompetensi pelaksana

  1. . Kepala Seksi Pelayanan/pejabat

struktural lainnya,

  • S2 Manajemen S2,  Ilmu Hukum S2,  AN S2,  S1 Komunikasi, S1 Hukum, S1 Sospol, S1   Ekonomi.

3. Penatalaksana  Pelayanan

      SMA/SMK

4. Pengadministrasi Umum

      S M A/SM                                                                 

4.

Pengawasan Internal

Camat

5.

Jumlah pelaksana

Minimal 2 (dua) orang

6.

Jaminan pelayanan

1. Kerahasiaan dan keamanan berkasterjamin

  1. Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme

7.

Evaluasi kinerja pelayanan

  1. Evaluasi dilaksanakan enam bulan  sekali jika tidak ada pengaduan

2. Pengukuran Survey Kepuasan

Masyarakat (SKM) setiap 6 (enam) bulan sekali                                                            

 

7. Pelayanan  Pindah/Pindah Datang

Komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan

No

Komponen

Uraian

1.

Persyaratan

  1. SKPWNI dan biodata dari kecamatan asal (bagi yang pindah dating antar kecamatan)
  2. Mengisi blanko F.106
  3. Mengisi blanko F.01
  4. KTP Elektronik asli
  5. Kartu Keluarga induk asli
  6. Foto kopi Surat Nikah (bagi anggota keluarga yang statusnya sudah nikah)
  7. Foto kopi pendukung perubahan data kependudukan (Misal : Akte Kelahiran/Kematian, ijazah terakhir, SK CPNS, SK pensiun)

 

2.

Sistem, mekanisme dan

prosedur

  1. Pemohon datang membawa berkas pengantar pindah/pindah datang .
  2. Petugas meregister berkas.

3.Operator mencetak SKPWNI dan biodata pemohon pindah antar kecamatan.   

4.Kasi Pelayanan/pejabat struktural lainnya  menandatangani surat keterangan pindah   antar kecamatan

5. Petugas menyerahkanSKPWNI dan biodata, selanjutnya dibawa ke kecamatan yang dituju.

6. Bagi yang pindah datang antar kecamatan, dan pindah/pindah datang antar desa/dusun, operator mencetak Kartu Keluarga yang bersangkutan.

3.

Jangka waktu pelayanan

  • 10 menit
  • KK pindah datang/pindah  (15 menit)

 

4.

Biaya/tarif

Gratis

5.

Produk pelayanan

  • Pengantar pindah yang sudah ditandatangani
  • KK

6.

Pelayanan pengaduan saran

dan masukan

  • Kotak saran dan pengaduan
  • Telepon :  (0274) 6464123
  • Email     :  kec.pundong@bantulkab.go.id
  • WA/SMS Center Kecamatan Pundong (0822207403320)
  • FB : Kecamatan Pundong

7.

Jam pelayanan

Senin s.d. Kamis : pukul 08.00 –15.00 WIB

 

 

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan lingkungan pelayanan di Kecamatan Pundong :

 

No

Komponen

Uraian

1.

Dasar Hukum

  • Peraturan Bupati Bantul Nomor : 130 Tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi, serta tata kerja kecamatan se Kabupaten Bantul.
  • Peraturan Bupati Nomor : 41 Tahun 2011 tentang perubahan atas Perbub 11 tahun 2011 tentang pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat

2.

Sarana dan prasarana dan/ atau fasilitas

Sarana dan prasarana:

  • Buku register dan buku pengambilan
  • Alat tulis
  • Komputer dan printer
  • Blanko surat permohonan
  • Tempat parkir
  • Meja kursi
  • Leaflet dan banner
  • Alat tulis kantor
  • Fasillitas pendukung;
  • Ruang tunggu dilengkapi dengan :
  • AC
  • Televisi;
  • Dispenser;
  • Surat kabar;
  • Permen;
  • Komputer khusus untuk pemohon;
  • Meja khusus untuk pemohon.
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Sub domain Kecamatan Pundong

3.

Kompetensi pelaksana

  1. . Kepala Seksi Pelayanan/pejabat

struktural lainnya,

  • S2 Manajemen S2,  Ilmu Hukum S2,  AN S2,  S1 Komunikasi, S1 Hukum, S1 Sospol, S1   Ekonomi.

2. Penatalaksana  Pelayanan

      SMA/SMK                                                                

2. Pengadministrasi Umum

      S M A/SM K                                                                

4.

Pengawasan Internal

Camat

5.

Jumlah pelaksana

Minimal 3 (tiga) orang

6.

Jaminan pelayanan

1. Kerahasiaan dan keamanan berkas

  •    

2. Bebas Korupsi, Kolusi dan

  •   

7.

Evaluasi kinerja pelayanan

  1. Evaluasi dilaksanakan enam bulan  sekali jika tidak ada pengaduan

2. Pengukuran Survey Kepuasan

Masyarakat (SKM) setiap 6 (enam) bulan                                                            

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Puskesmas
di Kapanewon Pundong

Puskesmas Pundong

Puskesmas Pundong

Piring, Srihardono, Pundong, Bantul
0274-7102527

Kepolisian Sektor Pundong

Polsek / Kepolisian Sektor Pundong

Piring, Srihardono, Pundong
08112583233

Komando Rayon Militer Pundong

Koramil / Komando Rayon Militer Pundong

Piring Srihardono, Pundong

Kantor Urusan Agama Kecamatan Pundong

KUA / Kantor Urusan Agama Kecamatan Pundong

Piring, Srihardono, Kecamatan Pundong, Bantul.
(0274) 7488455