Misi dan Visi

VISI

Visi Kecamatan Pundong :

Dalam rangka mewujudkan kegiatan pembangunan untuk mendukung Visi Kabupaten Bantul Projo Taman Sari sejahtera, demokratis, dan agamis menyongsong tahun 2016, maka Kecamatan Pundong telah merumuskan Visi “Terwujudnya pembangunan yaitu Demokratis, Adil Makmur, Aman, dan Sejahtera”. Visi tersebut mengandung pengertian bahwa kondisi wilayah Kecamatan Pundong yang ingin diwujudkan di masa yang akan datang adalah Pundong yang produktif, profesional, ijo royo-royo, tertib, aman, sehat, dan asri, sejahtera, demokratis, dan agamis, yang semuanya itu akan diwujudkan melalui Misi. Kecamatan Produktif dalam arti bahwa semua potensi wilayah baik sumber daya alam maupun sumberdaya manusianya dapat berproduksi memberikan andil terhadap pembangunan wilayah.

Profesional dalam arti penekanan kepada setiap warganya dari berbagain profesi, agar mereka betul-betul matang dan ahli di bidangnya masing- masing. Tolok ukur profesionalisme ini dapat dilihat dari kualitas hasil kerja dihadapkan kepada efisiensi penggunaan dana, sarana, tenaga serta waktu yang diperlukan.

Ijo Royo-royo dalam arti tidak ada sejengkal tanah yang terlantar, sehingga baik dimusim hujan maupun di musim kemarau dimanapun akan tampak suasana rindang. Dalam hal ini perlu diingatkan kepada masyarakat Pleret bahwa bagaimanapun Kecamatan Pundong tumbuh lebih dahulu sebagai Kawasan agronomi yang tangguh dalam rangka mendukung tumbuh ber- Kembangnya sector industry yang kuat di masa mendatang.

Tertib dalam arti bahwa setiap warga negara secara sadar menggunakan hak dan menjalankan kewajibannya dengan sebaik-baiknya sehingga terwujud kehidupan pemerintahan dan kemasyarakatan yang tertib, yang berpedoman pada system ketentuan hukum/perundang-undangan yang esensial untuk terciptanya disiplin nasional.

Aman dalam arti bahwa terwujudnya tertib pemerintahan dan tertib kemasyarakatan akan sangat membantu terwujudnnya keamanan dan ketentraman  masyarakat.  Kondisi  aman  ini  perlu  ditunjang  demi terpeliharanya stabilitas wilayah. Sehat dalam arti bahwa tertibnya lingkungan hidup yang akan dapat menjamin kesehatan jasmani dan rohani bagi masyarakat.

Asri dalam arti bahwa upaya pengaturan tata ruang wilayah dapat serasi, selaras, dan seimbang, sehingga dapat menumbuhkan perasaan kerasan, asri tidak mewah tetapi lebih cenderung memanfaatkan potensi lingkungan yang bersandar pada kreativitas manusiawi.

Sejahtera dalam arti bahwa kebutuhan dasar masyarakat Kecamatan Pundong telah terpenuhi secara lahir dan batin.

Demokratis dalam  arti bahwa adanya kebebasan berpendapat, berbeda pendapat dan menerima pendapat orang lain. Akan tetapi apabila sudah menjadi keputusan jawab. harus bersama-sama dengan penuh rasa tanggung.

Agamis dalam arti bahwa kehidupan masyarakat Pleret senantiasa diwarnai oleh nilai-nilai religiusitas dan budi pekerti yang luhur . Pentingnya aspek agama tertentu, tidak tetapi diartikan sebagai bentuk primodialisme untuk suatu agama harus diartikan secara umum bahwa nilai-nilai luhur yang dianut oleh semua agama semestinya dapa t diterapkan dalam interaksi so- sial sehari-hari.

 

MISI

Misi Kecamatan Pundong :

  1. Mewujudkan kapasitas pemerintah kecamatan menuju tata kelola pemerintahan yang empatik
  2. Mewujudkan kualitas hidup rakyat dengan prioritas mencerdaskan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang didasarkan pada keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Mewujudkan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan kualitas pertumbuhan ekonomi, pemberdayaan masyarakat,dan peningkatan produktivitas hasil potensi wilayah yang berwawasan lingkungan.
  4. Mewujudkan ketentraman dan ketertiban masyarakat serta tanggap dan waspada terhadap resiko bencana.

Puskesmas
di Kecamatan Pundong

Puskesmas Pundong

Puskesmas Pundong

Piring, Srihardono, Pundong, Bantul
0274-7102527

Kepolisian Sektor Pundong

Polsek / Kepolisian Sektor Pundong

Piring, Srihardono, Pundong
08112583233

Komando Rayon Militer Pundong

Koramil / Komando Rayon Militer Pundong

Piring Srihardono, Pundong

Kantor Urusan Agama Kecamatan Pundong

KUA / Kantor Urusan Agama Kecamatan Pundong

Piring, Srihardono, Kecamatan Pundong, Bantul.
(0274) 7488455