Bulak Padi Seluas 8,5 di Seloharjo, disemprot

Senin Kliwon, 8 Februari 2021 13:00 WIB ∼ 17

Foto Berita

seoramng petani sedang menyemprotkan pembasmi penyakit Blas di Dusun Soka, Seloharjo

Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit blas yang menyerang pertanian terutama padi maka kelompok tani di wilayah bulak lor Soka, Kalurahan Seloharjo, Kapanewon Pundong mengadakan penyemprotan, (5/2).  Hadir dalam kegiatan tersebut Sulistyo, SP. Perwakilan dari BPTP Yogyakarta, Edi Sutopo penyuluh pertanian Kapanewon Pundong dan petani.

Bulak tanaman padi seluas seluas 8,5 Ha disemprot dengan obat pembasmi jamur penyebab penyakit blas. Penyakit blas disebabkan oleh jamur Pyricularia  grisea. Awalnya penyakit ini berkembang di pertanaman padi gogo, tetapi akhir-akhir ini sudah menyebar di lahan sawah irigasi. Penyakit blas banyak ditemukan berkembang di pertanaman padi sawah.

Jamur P. grisea dapat menginfeksi pada semua fase pertumbuhan tanaman padi mulai dari persemaian sampai menjelang panen. Pada fase bibit dan pertumbuhan vegetatif tanaman padi,  P. grisea menginfeksi bagian daun dan menimbulkan gejala penyakit yang berupa bercak coklat berbentuk belah ketupat yang disebut blas daun. Pada fase pertumbuhan generatif tanaman padi, gejala penyakit blas berkembang pada tangkai/leher maka disebut blas leher. Perkembangan parah penyakit blas leher infeksinya dapat mencapai bagian gabah dan patogennya dapat terbawa gabah sebagai patogen tular benih. Efek serangan blas ini pun cukup serius yakni bisa mengurangi hasil hingga 30-50%. (dib)


Puskesmas
di Kapanewon Pundong

Puskesmas Pundong

Puskesmas Pundong

Piring, Srihardono, Pundong, Bantul
0274-7102527

Kepolisian Sektor Pundong

Polsek / Kepolisian Sektor Pundong

Piring, Srihardono, Pundong
08112583233

Komando Rayon Militer Pundong

Koramil / Komando Rayon Militer Pundong

Piring Srihardono, Pundong

Kantor Urusan Agama Kecamatan Pundong

KUA / Kantor Urusan Agama Kecamatan Pundong

Piring, Srihardono, Kecamatan Pundong, Bantul.
(0274) 7488455