PKK Pundong Adakan Pelatihan Membuat Sabun dari Jelantah

Senin Pahing, 20 Juli 2020 15:03 WIB ∼ 72

Foto Berita

Pelatihan membuat sabun dari jelantah.

TP PKK Kecamatan Pundong Jumat kemarin (17/7) mengadakan pelatihan membuat sabun dari minyak jelantah. Pelatihan diikuti oleh sekitar 30 orang pengurus dan kader PKK Kecamatan Pundong. Dihadiri juga oleh Ketua TP PKK Kecamatan Pundong, Ny Fitri Dwi Atmoko.

Laila Zamzanah, nara sumber dan pelatih dari Piyungan mengatakan, jelantah berpotensi merusak lingkungan jika dibuang secara sembarangan. Bisa membuat sumur kering, membuat saluran pembuangan mampet dan merusakk humus.

"Jelantah  bisa dioleh menjadi sabun yang bisa digunakan untuk mencuci tangan, baju atau panci yang hangus. Bahkan sekarang sedang tren, sabun digunakan sebagai souvenir." kata Laila.

Bahan yang digunakan adalah air pandan/sereh, Naoh, minyak jelantah dan arang. Sebelum digunakan, jelantah diberi arang yang masih membara dan ditunggu sampai 24 jam. Ketika bahan-bahan sudah menjadi adonan dan dicetak, tunggu sampai 24 agar mengeras.Setelah mengeras, tunggu selama2-4 minggu agar sabun lebih keras/tidak mudah hancur sehingga bisa digunakan. (Rn)


Puskesmas
di Kecamatan Pundong

Puskesmas Pundong

Puskesmas Pundong

Piring, Srihardono, Pundong, Bantul
0274-7102527

Kepolisian Sektor Pundong

Polsek / Kepolisian Sektor Pundong

Piring, Srihardono, Pundong
08112583233

Komando Rayon Militer Pundong

Koramil / Komando Rayon Militer Pundong

Piring Srihardono, Pundong

Kantor Urusan Agama Kecamatan Pundong

KUA / Kantor Urusan Agama Kecamatan Pundong

Piring, Srihardono, Kecamatan Pundong, Bantul.
(0274) 7488455