Geliat Kehidupan Warga Pundong Mulai terbiasa dengan Hidup PHBS

Jumat Kliwon, 29 Mei 2020 14:05 WIB ∼ 120

Geliat kehidupan warga masyarakat dan dunia usaha mulai menunjukkan perkembangan yang mengembirakan. Dusun yang dulunya menutup akses-akses masuk mulai membuka dan warga masyarakat bebas masuk. Hal tersebut berkaitan dengan penyebaran virus Covid 19 yang cenderung stabil dan cenderung menurun juga banyak yang positif namun sudah sembuh.

Apalagi pemerintah pusat akan menerapkan masa new normal yang mana beberapa sektor usaha dan PNS akan mulai masuk normal dengan menerapkan protokoler keamanan dan kesehatan.

Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji mengatakan, para PNS akan kembali bekerja dalam fase new normal memasuki akhir pekan, yaitu mulai Jumat 5 Juni 2020.

Dalam keterangan pers yang diterbitkan Kementerian PANRB, Jumat (29/5/2020), aturan tersebut akan dievaluasi lebih lanjut sesuai kebutuhan.

Untuk wilayah Kecamatan Pundong fase New Normal sudah terjadi di beberapa sektor dengan tidak meninggalkan protokoler yang dianjurkan pemerintah. Ada warung kuliner “Bu Mantan” yang menyediakan mides dengan aneka rasa, selama bulan puasa tutup namun mulai tanggal 26 Mei 2020 sudah siap menerima pelanggan. Juga Gedung olah raga di dusun Klisat yang selama covid 19 baru merebak ditutup untuk semua kegiatan saat ini sudah dibuka.

Untuk akses jalan dusun yang dulunya ditutup dan dijaga dengan ketat terutama mulai memasuki bulan puasa sampai lebaran. Penutupan tersebut disampung memotong rantai penuluaran virus juga untuk keamanan karena banyaknya pencuri yang kambuh, apalagi mendekati lebaran akan semakin banyak, sudah dibuka diantaranya dusun Klisat, Srihardono. Menurut salah satu tokoh masyarakat Sutris mengatakan berdasarkan rapat tingkat dusun, yang dihadiri Kepala Pedukuhan, Ketua Rt, Pemuda dan tokoh-tokoh masyarakat, bahwa mulai hari ini Jumat,29 Mei 2020 semua jalan masuk dusun Klisat dibuka untuk umum warga DIY, kalau dari luar DIY harap menunjukkan surat keterangan bebas Covid 19, dan ditunjukkan kepada Ketua RT atau Dukuh.

Hal-hal yang berkaitan dengan covid-19 menunggu informasi dari pemerintah, jika ada perkembangan mengenai covid 19 yang mengarah ke situasi yang kurang baik akan dilakukan karantina wilayah lagi atau penutupan jalan dan penjagaan. (Dib)

 


Puskesmas
di Kapanewon Pundong

Puskesmas Pundong

Puskesmas Pundong

Piring, Srihardono, Pundong, Bantul
0274-7102527

Kepolisian Sektor Pundong

Polsek / Kepolisian Sektor Pundong

Piring, Srihardono, Pundong
08112583233

Komando Rayon Militer Pundong

Koramil / Komando Rayon Militer Pundong

Piring Srihardono, Pundong

Kantor Urusan Agama Kecamatan Pundong

KUA / Kantor Urusan Agama Kecamatan Pundong

Piring, Srihardono, Kecamatan Pundong, Bantul.
(0274) 7488455