Pintu Air Tanggul Kali Opak di Nangsri Srihardono, Pundong

Senin Legi, 1 Februari 2016 08:57 WIB ∼ 1170

Foto Berita

Penampakan pintu air Tanggul Kali Opak

    Pintu air di jembatan Nambangan-Nangsri dibuat pada akhir abad 19, pada saat itu Pundong dilanda banjir besar akibat luapan Sungai Opak. Akibatnya ribuan rumah terendam banjir dan rusak. Pada Saat itu, Sri Sultan Hamengkubuwono IX merencanakan pembuatan tanggul raksasa di pinggir Sungai Opak. Sejak tanggul selesai dikerjakan, kawasan pundong terbebas dari banjir. Tanggul ini memanjang dari kawasan Bendungan Tegal hingga Jembatan Kretek. Lebar tanggul hampir 1,5 meter dengan tinggi 3 meter.

   Fungsi dari pintu air di tanggul Kali Opak Dusun Nangsri adalah ditutup apabila Sungai Opak banjir dan meluap sampai setinggi tanggul tersebut. Namun saat ini karena kondisi sungai yang dalam, menjadikan fungsi pintu air tersebut sudah tidak pernah digunakan sejak tahun 1980.

   Rencananya akan dibangun Jembatan sekelas Jembatan Soka Gunung Puyuh dan studi kelayakan pembangunan jembatan sudah selesai dikerjakan sejak 2012 lalu, akan tetapi pembangunan jembatan terkendala oleh bangunan yang dianggap sebagai salah satu bangunan cagar budaya tersebut diatas. Maka rekomendasi dari Dinas Kebudayaan Provinsi DIY lebar jembatan 4-5 meter saja.

  Prospek pembangunan jembatan apabila pembangunan jembatan Nambangan-Nangsri terealisasi diharapkan akan meningkatkan perekonomian lokal, perdangangan dan wisata lintas wilayah, dan akan meningkatkan stabilitas pusat perdangangan dan jasa utama (Desa Srihardono) dan pusat perdangangan dan jasa utama (Desa Seloharjo). Meningkatkan obyek daerah tujuan wisata di Kecamatan Pundong (wisata alam, wisata kuliner, wisata edukasi kerajinan), serta menjadi jalur alternatif Yogyakarta-Parangtritis.

  Dalam jangka panjang, untuk meningkatkan perekonomian lokal dan antar wilayah, pembangunan Jembatan Nambangan akan cukup relefan, karena embrio potensi perekonomian cukup banyak di kawasan ini.


Puskesmas
di Kecamatan Pundong

Puskesmas Pundong

Puskesmas Pundong

Piring, Srihardono, Pundong, Bantul
0274-7102527

Kepolisian Sektor Pundong

Polsek / Kepolisian Sektor Pundong

Piring, Srihardono, Pundong
08112583233

Komando Rayon Militer Pundong

Koramil / Komando Rayon Militer Pundong

Piring Srihardono, Pundong

Kantor Urusan Agama Kecamatan Pundong

KUA / Kantor Urusan Agama Kecamatan Pundong

Piring, Srihardono, Kecamatan Pundong, Bantul.
(0274) 7488455